Minggu, 18 November 2018, WIB

Selasa, 13 Mar 2018, 14:36:30 WIB, 57 View , Kategori : Seputar Prodi

Tepat di hari Rabu tanggal 31 Januari 2018 kemarin Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen bekerja sama dengan SMK Ma'arif 1 Kebumen mengadakan peringatan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama yang ke-92, yang pada kali ini Auditorium UMNU Kebumen dipilih menjadi tempat yang khusus menampung semua peserta undangan dari wali kelas siswa kelas 3 SMK, mahasiswa, sampai dengan civitas akademika dari beberapa kerabat Perguruan Tinggi NU, Perguruan Tinggi Negeri, dan Perguruan Tinggi Swasta sekitar.

Acara dalam rangka memperingati harlah NU merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya sebagai ajang penghormatan kepada lembaga/organisasi yang menjadi payung bernaung institusi. Pada tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya, perbedaannya adalah acara tahun ini digabungkan bersama Orasi Ilmiah dan Pengukuhan Pengurus Majelis KRIDATAMA.

Di awali dengan suara musik Sanggar Kreasi Sang Kridatama sebagai penghibur guna menyambut para tamu undangan memasuki area, menjadikan suasana menjadi ramai sebagai musik penyambutan bergenre tradisional berkolaborasi dengan musik modern. Selanjutnya masuk pada acara inti yang pertama adalah pembacaan sinopsis Novel Sang KRIDATAMA dibawakan secara langsung oleh Grup Sang Kridatama.

Selesai penampilan tersebut acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Pertama yakni Dr. H. Khomsin Ali Usman, M.Pd. sebagai Rektor UMNU Kebumen, kembali menegaskan KRIDATAMA yang mempunyai anonim kritis dalam pemikiran, damai dalam perbedaan, taat terhadap hukum, dan manusiawi dalam perbuatan merupakan karakter yang diusung oleh kampus sebagai landasan semua keilmuan dan menjadikan suatu indikator dari suatu karakter yang harus dimiliki mahasiswa UMNU Kebumen. Kemudian Beliau menjelaskan hadirnya Majelis tentunya mempunyai peran penting yang bisa dijadikan sebagai wadah menegakkan serta mengembangkan pilar-pilar KRIDATAMA yang diawali dari Kota Kebumen, untuk lebih bisa dikenal serta diterima dalam ranah nasional bahkan internasional.

Sambutan yang kedua dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kebumen yang disampaikan langsung oleh Drs. KH. Masykur Rozak, M.Pd.I. Beliau menjelaskan bagaimana perjalanan NU dari tahun ke tahun serta peran NU terhadap masyarakat itu sendiri. Selanjutnya penyampaian mengenai kontribusi nyata Perguruan Tinggi bagi masyarakat Kebumen disampaikan oleh Bapak Wakil Bupati Kebumen K.H. Yazid Mahfudz. Sambutan terakhir yakni dari Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah oleh Prof Dr. DYP Sugiharto, M.Pd., Kons. menyampaikan beberapa point penting mengenai perkembangan Perguruan Tinggi yang khususnya daerah Jateng dari Perguruan Tinggi Negeri sampai Perguruan Tinggi Swasta.

Selanjutnya sesuai dengan urutan susunan acara, Pengukuhan Pengurus Majelis KRIDATAMA menjadi agenda ketiga. Pembacaan Surat Keputusan Rektor, tentang Penetapan Pengurus Majelis Kridatama UMNU Kebumen, Masa Khidmat 2018 – 2023, serta Prosesi Pengukuhan dilakukan oleh Dr. Didin Wahidin, M.Pd. selaku Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti Pusat.

Pengurus yang dikukuhkan adalah terdiri dari Penanggung Jawab (Dr. H. Khomsin Ali Usman, M.Pd.). Dewan Pembina (KH. Habib M. Lutfi bin Yahya, KH. Ishomudin, M.Ag., Dr. KH. Marsudi Suhud, Dr. KH Khanief Saha Ghofur, Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd., Kons., Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil., KH. Wahib Mahfudz, Dr. Mahsun, M.Ag., KH. Chalwani Nawawi, KH. Dr. Zuhrul Anam, KH. Ahmad Tohari, Hj. Diahwati, Ir. Slamet Suparmaji, MM., Drs. KH. Masykur Rozak, M.Pd.I., H. Makhruf Widodo, M.Pd.I., Muhdir, M.Pd.I.). Ketua Direktur (Mustolih, M.Pd.I., M.Pd.), Wakil Direktur (Mugiarto, M.Pd.I.), Sekretaris (Mizanul Akrom, S.Pd.I., Ari Susanto, S.IP.), Bendahara (Muchamad Solahudin, S.Pd.I., M.Pd., Taufik Hidayat, S.Pd.I). Divisi Kritis dalam Pemikiran (Ir. Marsono, M.T., Alek Andika, M.Pd., Nunur Nuraeni, M.P., Bagus Prasetia, M.P., Khofiyati, M.Pd.), Divisi Damai dalam Perbedaan (Hastri Firharmawan, M.Pd., Djoko Sutrisno, M.Pd., Rini Ariyanti, M.Pd., Puput Widodo, M.Pd., Imam Fadli, M.Kom.), Divisi Taat terhadap Hukum (Hamdani, M.Eng., Bagas Prakoso, M.Si., Arif Budianto, M.Eng., Rennanti Lunnadiyah Aprillia, S.P., M.P., Setyani, S.E., M.M.), Divisi Manusiawi dalam Perbuatan (KH. Agus Narulloh, Komper Wardoyo, M.Pd., Fahri Ali, S.P., M.P., Oktaviani Windra Puspita, M.Pd., Endah Mitsalina, M.Pd.).  

Orasi ilmiah menjadi susunan acara yang terakhir, ada dua penyampaian orasi. Pertama disampaikan oleh Dr. Didin Wahidin, M.Pd., menegaskan bahwa peran Perguruan Tinggi menjadi penting di tengah-tengah masyarakat sebagai media pembentukan karakter yang bisa dijadikan sebagai mediator dalam menanggapi berbagai isu. Beliau melanjutkan, di masa sekarang banyak perusahaan atau perkantoran membuka lowongan pekerjaan dengan standar yang semakin baru yakni soft skill menjadi tambahan syarat selain ijazah. Keahlian yang harus dimiliki adalah yang Pertama, memanusiakan manusia, empati, ikhlas, dan bertanggung jawab. Kedua, kemampuan komunikasi secara verbal  atau tertulis. Ketiga, Problem Solving atau mempunyai kemampuan dalam pemecahan permasalahan yang datang, Keempat, kemampuan Leadership atau Kepemimpinan.

Selanjutnya Orasi Kedua disampaikan langsung oleh Dr. KH. Khanif Saha Ghofur. PBNU Pusat menjelaskan dukungan sepenuhnya atas kehadiran UMNU Kebumen menjadi pionir karakter KRIDATAMA dan majelisnya, semoga bisa menjadi tauladan bagi Perguruan Tinggi yang lain sehingga bisa menularkan kreativitas yang baru dan berinovasi dalam kepeduliannya kepada penerus bangsa.

– Kabag Humas UMNU Kebumen –



Rabu, 31 Okt 2018 PHBD 2017


Tuliskan Komentar